Selasa, 26 April 2011

Teruslah berubah...

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka akan mengubah keadaan yang ada pada mereka sendiri,"
-QS Ar-Ra’d : 11-

Sahabat, ketika kita terjebak dalam rutinitas harian yang terus berulang, kita lupa bahwa hidup ini dinamis. Apa yang kita kerjakan hari ini hanyalah perulangan dari apa yang kita lakukan kemarin, dan begitulah seterusnya. jika kita tengok ke belakang, adakah peningkatan pada kualitas diri kita? atau jika itu terlalu sulit, apakah ada peningkatan dari apa yang kita kerjakan? Mungkin tidak. Karena kita bagaikan mesin yang terprogram melakukan hal yang sama berulangkali.

Sebenarnya kita sadar bahwa hidup seperti itu sungguh menyakitkan karena kita akan merasa sangat tertekan.

Dunia ini terus berubah! Jika kita tetap "begini-begini" saja, maka kita akan tertinggal perputarannya.

Ini bukan berarti meninggalkan pekerjaan kita namun sebuah usaha menjadikan rutinitas itu menjadi lebih bermakna.

"Sedikit perubahan kecil yang berlangsung terus-menerus untuk mencapai kesempurnaan".
tampak sederhana bukan? bukan sebuah langkah besar, hanya satu langkah kecil tiap hari yang membuat kita terus maju. Inilah KAIZEN, Prinsip yang sukses membawa Jepang, negeri yang luluh-lantak akibat bom atom Hiroshima-Nagasaki pada Perang Dunia II, menjadi salah satu negara termaju di dunia. Mungkin saja prinsip ini yang akan kembali "menyelamatkan" Jepang dari dampak bencana tsunami dan ancaman nuklir baru-baru ini. Sebab usaha untuk berubah dan kemajuan adalah sebuah sunnatullah.

Lantas bagaimana dengan negeri kita?

Stop Cursing the Dark!


semakin lama waktu yang kita habiskan untuk merutuki pemerintah dan para penguasa, semakin habis pula waktu kita untuk meningkatkan kualitas diri dan pekerjaan yang kita lakukan.

So, Mari kita bersama-sama belajar untuk terus berubah. Satu langkah kecil saja, setiap hari. (rad)

0 komentar:

Posting Komentar